Elastisitas adalah kecenderungan pada suatu benda untuk berubah dalam  bentuk  baik panjang,  lebar  maupun  tingginya,  tetapi  massanya tetap, hal itu disebabkan oleh gaya-gaya yang menekan atau menariknya, pada saat gaya ditiadakan bentuk benda kembali seperti semula.

Jika sebuah gaya diberikan pada sebuah benda yang elastis, maka bentuk benda tersebut berubah. Gaya yang diberikan juga memiliki batas-batas tertentu. Sebuah karet bisa putus jika gaya tarik yang diberikan sangat besar, hingga melewati batas elastisitasnya. Demikian juga sebuah pegas tidak akan kembali ke bentuk semula jika ditarik  dengan gaya yang sangat besar. Jadi benda-benda elastis tersebut memiliki batas elastisitas.

Sesuai dengan sifat elastis  tersebut benda  dibagi  menjadi  benda elastis dan benda plastis. Karet dan pegas merupakan beberapa contoh benda elastis. Sedangkan benda plastis adalah benda yang jika gaya luar dihilangkan benda tersebut tidak akan kembali ke bentuk semula. Contoh dari benda plastis ialah plastisin, lilin, dan tanah liat.